Selasa, 26 Januari 2016

Tahukah Anda?


Resolusi Tahun Baru? Pentingkah?




Hai, Fodimers! Mungkin sudah tidak asing lagi bagi Fodimers jika mendengar kata resolusi tahun baru. Tapi tahukah Fodimers kapan resolusi tahun baru ini muncul dan seberapa pentingkah Fodimers membuat resolusi tahun baru? Yuk, mari kita simak artikel berikut ini.

Nah, Fodimers, resolusi tahun baru ini sebenarnya adalah sebuah tradisi yang populer di negara Barat ketika seseorang berjanji untuk memulai perbaikan diri yang dimulai sejak tahun baru. Resolusi tahun baru ini sudah ada sejak 4.000 tahun yang lalu. Dimulai dari penduduk Babilonia kuno yang berjanji kepada dewa yang mereka sembah setiap awal tahun bahwa mereka akan mengembalikan semua benda-benda yang telah mereka pinjam dan membayar utang mereka.

Tradisi ini kemudian berlanjut kepada bangsa Romawi kuno. "Pejabat tinggi Romawi membuat resolusi agar tetap setia kepada republiknya dan bersumpah di hadapan Kaisar pada tanggal 1 Januari," kata Profesor Richard Alston dari Department of Classic di Royal Holloway University. Bangsa Romawi pada 1 Januari merayakan bentuk syukur kepada dewa pertanian Janus yang memiliki dua wajah, satu wajah melihat ke masa lalu dan satu lagi melihat ke masa depan. "Janus diwakili sebagai pintu pembuka dan Romawi menamai bulan Januari untuk menghormatinya," kata Profesor Alston.

Resolusi yang awalnya hanya populer di kalangan barat, kini sudah mendunia. Kini orang-orang berlomba-lomba untuk menuliskan resolusi tahun baru dan berjanji agar hidupnya lebih baik lagi. Tapi seberapa pentingkah Fodimers membuat resolusi tahun baru yang kini menjadi sangat populer dan bahkan wajib bagi sebagian orang? Berikut ada beberapa alasan kenapa resolusi sangat dibutuhkan oleh sebagian orang,

Membantu Dalam Menentukan Prioritas
Salah satu manfaat membuat resolusi adalah membantu Fodimers dalam menentukan prioritas. Kalau Fodimers tahu hal-hal yang merupakan bagian dari prioritasmu, maka Fodimers pun nggak akan melakukan hal-hal lain yang nggak penting. Fodimers nggak akan membuang waktu secara percuma, deh.

Mempengaruhi Cara Kerja
Cara orang bekerja dipengaruhi oleh prioritas hidupnya. Kalau Fodimers merasa hal yang Fodimers lakukan adalah prioritas hidupmu, maka Fodimers pun akan melakukannya dengan sungguh-sungguh. Sebaliknya, kalau hal yang Fodimers lakukan bukan merupakan prioritasmu, maka Fodimers bisa menyelesaikannya dengan santai saja.

Memaksimalkan Potensi Diri
Untuk mencapai target yang menjadi prioritas, Fodimers harus fokus pada bidang yang sesuai dengan potensi dirimu supaya memiliki peluang memberikan hasil yang besar. Misalnya, Fodimers hobi menyanyi, maka Fodimers pun akan memaksimalkan diri dengan fokus berlatih sehingga bisa mencapai kemenangan yang Fodimers ingin capai di tahun ini.

Memberi Kekuatan Untuk Bertahan
Loopers, kalau Fodimers punya resolusi di tahun ini otomatis Fodimers akan berusaha keras untuk mencapai tujuan itu. Walaupun memang manusia berencana, Tuhan yang menentukan, resolusi tahun baru bisa memberi kekuatan untuk bertahan. Fodimers bisa tetap bersemangat meskipun harus tersandung berulang kali.

Membuat Hidup Lebih Termotivasi
Kalau Fodimers udah menentukan prioritas-prioritas hidup di tahun baru ini, maka Fodimers pun akan berusaha untuk mencapainya. Bisa jadi hal ini merupakan tantangan yang mengsayikan untuk dirimu sendiri. Hidupmu di tahun baru pun akan lebih termotivasi, Fodimers.

Untuk meyakinkan Fodimers nih kita dari divisi Jurnalistik telah membuat sebuah survei tentang manfaat resolusi tahun baru yang dilakukan pada Senin (18/1) 2016. Dari 40 responden yang hampir 90% ialah mahasiswa menyatakan bahwa resolusi tahun baru itu penting, ini dibuktikan dengan lebih dari 45% dari mereka mengakui bahwa resolusi yang telah mereka lakukan berhasil di tahun sebelumnya. Menurut hasil survei mengenai alasan mereka membuat resolusi tahun baru, lebih dari 90% mereka menyatakan bahwa mereka membuat resolusi guna bisa memotivasi diri sendiri untuk berubah menjadi pribadi yang baik lagi.

Nah, kita sudah membaca beberapa artikel di atas mengenai pentingnya resolusi tahun baru nih Fodimers. Apakah kalian sudah membuat resolusi untuk tahun ini? Namun, terlepas dari persepsi tentang resolusi itu sendiri, yang perlu kita perhatikan ialah usaha untuk merubah diri kita menjadi lebih baik. Bukan tentang penting atau tidaknya resolusi itu. Yuk, kita buat resolusi untuk diri kita!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar