Selasa, 29 Desember 2015

Tips and Tricks

Tips di Kala Macet Hiasi Perjalanan



Akhir tahun memang saat yang tepat untuk readers menikmati liburan. Tapi, apa jadinya ketika perjalanan liburan readers yang terjadi adalah terjebak macet selama berjam-jam? Nah, readers, mimin punya kiat-kiat agar readers tidak bosan dan dapat mengisi waktu luang readers di saat macet nanti. Yuk, readers, intip dulu apa sih kiat-kiatnya?

1.      Mencari informasi mengenai lalu lintas
Pastinya readers tidak ingin dong bercengkraman terlalu lama dengan kemacetan? Nah, dengan mencari informasi mengenai lalu lintas, readers dapat mencari jalan alternatif lainnya untuk menghindari kemacetan. Baik melalui internet, televisi, radio, maupun aplikasi seperti Waze.

2.      Mendengarkan radio atau lagu
Walaupun kini televisi sudah merajalela, media yang satu ini tidak kalah dan dapat menjadi sarana yang paling aman saat mengemudi mobil. Melalui radio kita dapat mengetahui berbagai informasi terkini dan lagu-lagu menarik. Sambil mendengarkan lagu, kita juga dapat bersenandung maupun bernyanyi bersama teman-teman seperjalanan yang dapat membuat suasana di perjalanan pun semakin mencair.

3.      Citizen Journalism
Mungkin bagi sebagian orang istilah “Citizen Journalism” terdengar asing. Namun, bagi yang sering menggunakan jejaring sosial, istilah tersebut tentunya sudah tidak asing lagi. Nah, readers, Citizen Journalism adalah kegiatan yang dilakukan masyarakat untuk melaporkan informasi penting yang terjadi di sekitar kita, salah satunya adalah kemacetan. Citizen Journalism ini dapat diterapkan di berbagai media elektronik, media cetak, radio, maupun internet. Salah satu contoh media yang menerapkan citizen journalism adalah radio Sonora Jakarta, situs Liputan6, dan sebagainya.

4.      Mengobrol atau bercerita
Nah, ini merupakan hal yang paling wajib dan kerap dilakukan saat di perjalanan. Cerita yang menarik seperti cerita lucu, horror, maupun kisah-kisah yang menarik baik readers, teman readers, maupun keluarga readers pernah dengar ataupun pernah dialami langsung dapat menjadi senjata jitu untuk menghilangkan kebosanan saat terjadi kemacetan.

5.      Bermain
Banyak permainan kecil yang dapat kita mainkan dengan teman seperjalan yang cukup dapat mengurangi kebosanan, diantaranya Bingo, mengisi teka-teki silang, mapun game di smartphone.

6.      Makan atau minum
Saat macet tentunya ada saat readers merasa lapar dan haus. Makan makanan berat di rest area terdekat maupun menyemil saat di mobil dapat menjadi suatu pilihan tepat.

7.      Tidur
Ketika lelah di perjalanan maupun jika readers mudah mabuk perjalanan, hal yang paling tepat dilakukan adalah tidur.

8.      Menyelesaikan pekerjaan
Liburan tidak berarti meninggalkan seluruhnya pekerjaan yang sedang dijalani. Saat macet, kita dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan yang tertunda sebelumnya dengan menggunakan laptop maupun smartphone yang kini menjadi semakin canggih.

9.      Menonton TV atau Video
Menonton baik TV maupun menonton video melalui aplikasi berbasis internet (streaming) seperti Youtube maupun Soundcloud juga dapat mengurangi kebosanan di saat macet. Namun jika terlalu lama, kualitas layar dan pencahayaan yang kurang memadai dapat membuat mata lelah dan menimbulkan efek mual.

10.   Membaca
Membaca novel, komik atau buku lainnya juga dapat mengurangi rasa kebosanan saat macet. Namun, sama seperti menonton televisi, membaca terlalu lama di dalam mobil dengan pencahayaan yang kurang dan saat mobil sedang melaju dapat menimbulkan efek mata mudah lelah dan efek mual. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan audiobook yang kini telah hadir melalui berbagai aplikasi. Salah satu contoh audiobook adalah Listeno, Librophile, Ejunto, dan sebagainya.

Nah, readers, itulah kira-kira yang dapat readers lakukan untuk mengatasi kebosanan di kala macet. Namun, perlu diingat ya readers, keselamatan adalah hal terpenting dalam mengemudi terutama bagi yang hanya mengemudi sendiri. Silahkan dicoba, ya, readers
-Salam Figeon-

Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar